Sejarah Singkat

Sejarah Singkat Berdirinya Kabupaten Polewali Mandar

Polewali Mandar sebelum tahun 2004, daerah ini bernama Polewali Mamasa (Polmas) yang secara administratif berada dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan mekarnya Kabupaten Mamasa sebagai kabupaten tersendiri, maka nama Polewali Mamasa diganti menjadi Polewali Mandar.

Pada masa penjajahan Kabupaten Polewali Mandar adalah bagian dari 7 wilayah pemerintahan yang dikenal dengan nama Afdeling Mandar yang meliputi 4 onder Afdeling yaitu ;

  1. Onder Afdeling Majene yang beribukota Majene
  2. Onder Afdeling Mamuju yang beribukota Mamuju
  3. Onder Afdeling Polewali yang beribukota Polewali
  4. Onder Afdeling Mamasa  yang beribukota Mamasa

Onder Afdeling Majene, Mamuju dan Polewali yang terletak disepanjang garis pantai barat pulau Sulawesi mencakup 7 wilayah kerajaan (kesatuan hukum adat yang dikenal dengan nama Pitu Baqbana Binanga (7 kerajaan di muara sungai) yang meliputi :

  1. Balanipa di Onder Afdeling Polewali
  2. Binuang di Onder Afdeling Polewali
  3. Sendana di Onder Afdeling Majene
  4. Banggae/Majene di Onder Afdeling Majene
  5. Pamboang di Onder Afdeling Majene
  6. Mamuju di Onder Afdeling Mamuju
  7. Tappalang di Onder Afdeling Mamuju

Sementara Kesatuan Hukum adat Pitu Ulunnna Salu (Tujuh Kerajaan di Hulu Sungai) yang terletak diwilayah pegunungan berada di Onder Afdeling Mamasa yang meliputi :

  1. Tabulahan (Petoe Sakku)
  2. Aralle (Indo Kada Nene’)
  3. Mambi (Tomakaka’)
  4. Bambang (Subuan Adat)
  5. Rantebulahan (Tometaken)
  6. Matangnga (Benteng)
  7. Tabang (Bumbunan ada)

Kabupaten Polewali Mandar adalah salah satu diantara 5 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, yang terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2004. Kabupaten Polewali Mandar merupakan hasil pemekaran ex- Daerah swatantra (afdeling), Mandar yang menjadi 3 Kabupaten atau daerah Tingkat II yaitu:

  1. Kabupaten Majene, meliputi bekas Swaparaja Majene, Swapraja Pamboang dan Swapraja Cendana (Sendana)
  2. Kabupaten Mamuju, meliputi bekas Swaparaja Mamuju dan Swaparaja Tappalang
  3. Kabupaten Polewali Mandar yang meliputi Swapraja Binuang yang termasuk dalam Onder Afdeling Polewali dan Onder Afdeling Mamasa.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pembentukan 22 Kabupaten/Kota baru yang tersebar di 10 (sepuluh) wilayah provinsi, 2 (dua) diantaranya kabupaten/kota itu adalah Kota Palopo dan Kabupaten Mamasa. Mamasa merupakan hasil pemekaran dari Daerah Tingkat II Polewali Mamasa, sehingga kedua Onder Afdeling Polewali dan Mamasa dimekarkan menjadi 2 (dua) kabupaten terpisah : yaitu Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Mamasa.